Rabu, 08 Januari 2020

Split, Freeze & Pivot


Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel


Pengertian dan Cara Mengatur Split pada Excel
Perintah Split adalah perintah yang digunakan untuk membagi halaman kerja Excel menjadi 4 panel, setiap panel merupakan duplikasi tampilan sheet yang diaktifkan. Perintah ini memungkinkan kita untuk melihat data dari empat area yang berbeda dan berjauhan. Hal ini sangat membantu saat melakukan analisis dengan banyak data. Perintah ini tidak bekerja apabila sheet yang aktif menggunakan perintah freeze.
A. Tombol Perintah Split
Tombol perintah Split terletak pada ribbon View tepatnya pada command group Window. Berikut ilustrasi perintah Split,

B. Cara Mengatur Split di Excel
1. Mengatur Split dengan Area Proporsional
Secara default ketika tanpa menyorot sel atau menyorot sel A1, perintah split akan membagi lembar kerja menjadi 4 panel yang proporsional. Ini artinya perintah Split tepat membagi lembar kerja menjadi 4 panel dengan ukuran yang sama. Berikut ilustrasinya.
Instruksi: Sorot sel A1 lalu klik perintah Split

Terlihat perintah split membagi halaman kerja menjadi 4 panel yang proporsional.
2. Mengatur Split dengan Area Kustom
Area yang dibuat menggunakan perintah split dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika kita akan memberi batas pada sel I7, maka sorot sel I7 lalu klik perintah split. Berikut ilustrasinya,
Instruksi: sorot sel I7 dan klik perintah split.

Terlihat batas split halaman yang dihasilkan berada di sel I7.
C. Cara Menggunakan Split di Excel
Cara menggunakan Split di Excel hampir sama seperti menggunakan perintah freeze. Kita dapat melakukan scrolling tanpa menghilangkan penglihatan pada area lainnya. Berbeda dengan perintah freeze yang tidak dapat melihat area yang sama, dengan menggunakan split, dimungkinkan untuk melihat area yang sama di panel lainnya.
Berikut ilustrasinya,



D. Cara Mengembalikan Lembar Kerja atau Menonaktifkan Split
Untuk menonaktifkan split, tinggal klik perintah split pada lembar kerja yang mengaktifkan perintah ini.

 

Cara Menggunakan Freeze di Excel Beberapa Kolom dan Baris




Freeze Panes adalah tombol perintah yang digunakan untuk tetap menampilkan baris dan kolom pada worksheet walaupun scrollbar bergeser atau freeze di Excel. Untuk mempermudah penglihatan saat bekerja dengan banyak data, biasanya digunakan cara freeze beberapa kolom di Excel.
 A. Tombol Perintah Freeze Panes
Tombol perintah freeze panes terletak pada ribbon View tepatnya pada grup perintah Window. Berikut ilustrasi tombol perintah Freeze Panes,

Tombol perintah Freeze Panes terdiri dari 3 perintah seperti ilustrasi di atas,
Perintah
Pengertian dan Kegunaan
Freeze Panes
Untuk tetap menampilkan (membekukan) beberapa kolom dan baris yang disorot pada suatu sheet.
Freeze Top Row
Untuk tetap menampilkan (membekukan) baris pertama dari sheet yang sedang aktif (terbuka).
Freeze First Column
Untuk tetap menampilkan (membekukan) kolom pertama dari sheet yang sedang aktif (terbuka).

B. Cara Menggunakan Freeze Panes untuk Membekukan Beberapa Kolom dan Baris

Perintah Freeze Panes digunakan untuk membekukan beberapa kolom di kiri sel yang disorot (saat scroll ke kanan atau kiri) dan beberapa baris di bagian atas sel yang disorot (saat scroll ke atas atau bawah).

Pada ilustrasi di atas terbentuk 3 area yang dibekukan yaitu,
1.   Absolut freeze adalah range yang dibatasi sel terpilih dari posisi kiri atas. Range ini akan tetap ditampilkan saat vertical scrollbar dan horizontal scrollbar bergeser.
2.   Vertikal freeze adalah range yang dibatasi sel terpilih dibagian atas. Range ini tetap ditampilkan saat vertical scrollbar bergeser.
3.   Horizontal freeze adalah range yang dibatasi sel terpilih dibagian kiri. Range ini tetap ditampilkan saat horizontal scrollbar bergeser.
Contoh:

Dari tabel penjualan buku di atas akan dilakukan freeze pada kolom hari dan baris jenis produk. Berikut langkah-langkahnya
1.    Sorot sel paling atas bagian kiri yang tidak akan di freeze. Pada contoh ini sel yang sorot adalah B3

2.    Klik Freeze Panes pada ribbon View

3.    Sheet telah di freeze
Anda dapat menggeser scrollbar untuk melihat perubahan


C. Cara Menonaktifkan Freeze (Unfreeze) di Excel

Untuk menonaktifkan pembekuan anda dapat melakukan klik Unfreeze Panes pada ribbon View. Berikut ilustrasinya,


D. Cara Menggunakan Freeze Top Row untuk membekukan baris paling atas

Untuk menggunakan Freeze Top Row caranya lebih sederhana dari langkah sebelumnya.
Contoh:
Akan dibekukan baris paling atas dari tabel penjualan di atas. Sebelumnya unfreeze terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya,
1.    Pilih sembarang sel pada sheet yang aktif
2.    Klik Freeze Top Row pada ribbon View
3.    Baris pertama telah dibekukan
Berikut ilustrasinya,



E. Cara Menggunakan Freeze First Column untuk Membekukan Kolom Pertama

Untuk menggunakan Freeze First Column caranya hampir sama dengan langkah di atas.
Contoh:
Akan dibekukan kolom jenis produk pada tabel penjualan di atas. Sebelumnya unfreeze konfigurasi sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya,
1.    Pilih sembarang sel pada sheet yang aktif
2.    Klik Freeze First Column pada ribbon View
3.    Kolom pertama telah dibekukan
Berikut ilustrasinya,

Cara Membuat Pivot Table dari Beberapa Sheet di Excel





Pada tutorial sebelumnya, telah dipelajari cara membuat pivot table sederhana yang terdiri dari satu sheet. Namun, biasanya data yang berjumlah besar dalam suatu workbook memiliki beberapa sheet yang saling berhubungan. Sehingga diperlukan konsolidasi data, untuk membuat tabel tersebut. Berikut cara membuat pivot table dari beberapa sheet untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

A. Menampilkan Perintah PivotTable and PivotChart Wizard

Sebelum memulai membuat pivot table dari beberapa sheet, perlu ditampilkan tombol perintah “PivotTable and PivotChart Wizard”. Berikut langkah-langkahnya:
1.    Klik “” pada Quick Access Toolbar Microsoft Excel
2.    Pilih “More Commands”

Setelah itu jendela Excel Options akan terbuka.
3.    Pada kolom “Choose command from” pilih “All Commands”
4.    Cari “PivotTable and PivotChart Wizard”

5.    Klik “Add >>” lalu “OK”

6.    Perintah “PivotTable and PivotChart Wizard” berhasil ditampilkan

Tombol perintah yang berhasil ditambahkan akan muncul pada Quick Access Toolbar seperti ilustrasi di atas.

B. Membuat Tabel Pivot dari Beberapa Sheet yang Berbeda

Setelah tombol perintah “PivotTable and PivotChart Wizard” dapat diakses, barulah kita dapat membuat tabel pivot dari beberapa sheet dengan mudah dalam satu workbook. Untuk mempermudah penjelasan digunakan contoh berikut.

Contoh: Menggabungkan 2 sheet dalam satu pivot
Akan dibuat tabel pivot dari 2 sheet pada workbook berikut. Sheet1 merupakan data nilai rapor semester I dan Sheet2 merupakan data nilai rapor semester II.




Langkah-langkah membuat tabel pivot:
1.    Klik tombol “PivotTable and PivotChart Wizard”
2.    What is the data that you want to analyze?
Pilih jenis data “Multiple Consolidation ranges” pada jendela PivotTable and PivotChart Wizard.
3.    What kind of report do you want to create?
Pilih jenis laporan “PivotTable” pada jendela PivotTable and PivotChart Wizard.


Klik “Next
4.    How many page fields do you want?
Pengguna dapat membuat sampai 4 page fields untuk menampilkan pivot table. Pilih “Create a single page field” untuk membuat 1 tabel pivot.


1.      Create a single page field for me (membuat otomatis)
2.      I will create the page fields (membuat manual)
3.      Klik “Next” untuk melanjutkan
5.    Memilih range data pada setiap sheet



Blok range data tiap sheet, kemudian klik “Add”. Lalu Klik “Next” setelah memilih setiap range pada masing-masing sheet yang akan dijadikan tabel pivot.
6.    Memilih lokasi tabel pivot yang akan dibuat


Terdapat 2 opsi lokasi tabel pivot yang akan dibuat
1.      New worksheet: untuk membuat pada worksheet baru
2.      Existing worksheet: untuk membuat pada worksheet yang ada dengan menentukan alamat sel dari tabel pivot.
7.    Klik “Finish”
Tabel pivot berhasil dibuat dan dapat digunakan seperti pada tutorial sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Setting MikroTik RB750

Cara Setting MikroTik RB750 Disini saya akan menjelaskan cara setting  mikrotik  RB750 / RB750G pertama kali. Dengan setting mikro...